Hubungan kenaikan berat badan ibu hamil dengan berat bayi lahir

Metode penelitian yang digunakan adalah metode observasional dengan rancangan Prospective cohort kohor prospektif.

Asuhan neonatus bayi dan balita untuk keperawatan dan kebidanan. Gizi reproduksi. Pengaruh tekanan darah ibu hamil terhadap berat badan bayi baru lahir di wilayah Kotamadya Semarang. Namun kejadian BBLR juga dapat terjadi tidak hanya karena aspek perekonomian, dimana kejadian BBLR dapat saja tejadi pada mereka dengan status perekonomian yang cukup.

Peneliti berpendapat bahwa hampir seluruh bayi dilahirkan dengan berat badan lahir normal. Rumusan Masalah Berdasarkan uraian pada Latar belakang di atas, maka penulis merumuskan masalah yang akan di teliti yaitu: Dari angka ini menunjukkan bahwa sebagian besar ibu yang melahirkan di puskesmas Tilango Kabupaten Gorontalo memiliki Status Gizi Baik Atau Non KEK, Menurut pendapat peneliti Faktor-Faktor yang dapat mempengaruhi status gizi ibu hamil adalah umur Ibu Hamil, jika dilihat dari faktor usia ibu sesuai dengan hasil penelitian diketahui sebagian besar responden berusia tahun.

All rights reserved. Yogyakarta; Nuha Medika Waryana, Metode penelitian ini secara prospektif observasional. Kekurangan gizi tentu saja akan menyebabkan akibat yang buruk bagi si ibu dan janinnya.

Suharto, Agung. BBLR berkaitan dengan tingginya angka kematian bayi dan balita, juga dapat berdampak serius pada kualitas generasi mendatang, yaitu akan memperlambat pertumbuhan dan perkembangan anak, serta berpengaruh pada penurunan kecerdasan Depkes RI, Proverawati Atika, dan Cahyo Ismawati.

BBLR yang tidak ditangani dengan baik dapat mengakibatkan timbulnya masalah pada semua sistem organ tubuh meliputi gangguan pada pernafasan aspirasi mekonium, asfiksia neonatorumgangguan pada sistem pencernaan lambung kecilgangguan sistem perkemihan ginjal belum sempurnagangguan sistem persyarafan respon rangsangan lambat.

Putra Sitiatava rizema, Usia ini tergolong usia reproduktif dan paling aman untuk melangsungkan kehamilan dan persalinan sehingga tentunya pemenuhan gizi saat hamil dapat terpenuhi bagi ibu dan janinnya.

Teoritis Memberikan informasi guna menambah wawasan keilmuan dan menambah pengalaman dalam memberikan informasi guna pengembangan ilmu pengetahuan khususnya keperawatan agar dijadikan bahan masukan penelitian yang akan datang.

Profil Dinas Kesehatan Sulawesi selatan, Saimin, Juminten, Manoe, Murah, Rose, W. Yogyakarta;Nuha medika. Hemoglobin adalah parameter yang digunakan secara luas untuk menetapkan prevalensi anemia Supariasa, Tehnik pengumpulan data menggunakan metode study dokumentasi dengan instrument penelitian lembar checklist yang kemudian dianalisis bivariat menggunakan uji corelasi product moment.

Menurut Suparyanto,Faktor faktor yang mempengaruhi berat badan bayi lahir yaitu usia ibu hamil, jarak kehamilan, parietas, kadar hemoglobin, Status Gizi ibu hamil dan penyakit saat kehamilan.

HUBUNGAN ANTARA KENAIKAN BERAT BADAN IBU HAMIL ...

Hal ini didukung penelitian yang dilakukan oleh agung bahwa ada hubungan yang signifikan antara anemia dalam kehamilan dengan kejadian berat bayi lahir rendah di wilayang kerja desa gerih Kabupaten Ngawi dengan tingkat hubungan kedua variabel signifikan sedang 0, Hubungan status pekerjaan ibu dengan berat lahir bayi di RSUP.

Berdasarkan latar belakang masalah yang diuraikan di atas, penulis mengadakan penelitian tentang hubungan antara kenaikan berat badan ibu hamil dengan berat badan lahir bayi di Wilayah kerja Puskesmas Gatak Sukoharjo, kecamatan Gatak kabupaten Sukoharjo.

Bayi yang lahir dengan berat badan rendah perlu penanganan yang serius, karena pada kondisi tersebut bayi mudah sekali mengalami hipotermi yang biasanya akan menjadi penyebab kematian. Yogyakarta; Rohima Press. Manfaat Teoritis Memberikan arah dan tujuan yang akan dicapai dalam praktek kebidanan, serta menjadi tolok ukur sejauh mana keberhasilan melaksanakan tugas dalam pendidikan kebidanan.

Prawirohardjo, Kadar hb yang tidak normal dapat mengakibatkan kematian janin dalan kandungan, abortus, cacat bawaan, BBLR, kadar hb tidak normal pada bayi yang dilahirkan, hal ini menyebabkan morbiditas dan mortalitas ibu dan kematian perinatal secara bermakna lebih tinggi.

Sukarni, Icemi dan Wahyu P. Hal ini dapat menggambarkan seberapa banyak cadangan energi yang dimiliki oleh ibu hamil tersebut sehingga dapat mengetahui kekurangan energi dan kalori KEK pada Ibu hamil tersebut. Supariasa, I Dewa Nyoman.Berat lahir bayi, khususnya bayi dengan berat badan lahir rendah, merupakan masalah gizi intergenerasi yang akan mempengaruhi kualitas kesehatan sepanjang daur kehidupan seorang manusia.

Kenaikan berat badan wanita hamil selama kehamilan adalah sekitar ,5 kg agar tidak terjadi bayi dengan berat badan lahir rendah (BBLR). Untuk mencapai itu, maka kepada ibu hamil dianjurkan meningkatkan kalori yang dimakan dengan tambahan kkal/hari atau sekitar satu porsi makanan lebih banyak dari pada sebelum hamil (Soetjiningsih,).

Hubungan Kenaikan Berat Badan Ibu Hamil dengan Berat Badan Bayi Lahir Berat badan lahir merupakan hasil interaksi dari berbagai faktor melalui suatu proses.

hubungan antara kenaikan berat badan ibu hamil dengan berat badan lahir bayi di wilayah kerja puskesmas gatak sukoharjo, kecamatan gatak kabupaten sukoharjo.

Hubungan Status Gizi Ibu Hamil Dengan Berat Badan Bayi Baru Lahir.

HUBUNGAN STATUS GIZI IBU HAMIL DENGAN BERAT BADAN BAYI BARU LAHIR

Berdasarkan hasil analisis tabel didapatkanP= atau P≤ artinya terdapat hubungan antara status gizi ibu hamil dengan berat badan bayi baru lahir di puskesmas Tilango Kabupaten Gorontalo.

() menunjukkan bahwa ada hubungan antara kadar Hb ibu hamil dengan berat bayi lahir, di mana semakin tinggi kadar Hb ibu semakin tinggi berat badan bayi yang dilahirkan. Sedangkan penelitian Edwi Saraswati, dkk. () menemukan bahwa anemia pada batas 11 gr/dl bukan merupakan risiko untuk melahirkan BBLR.

Hal ini mungkin karena belum berpengaruh terhadap fungsi hormon maupun fisiologis ibu.

Hubungan kenaikan berat badan ibu hamil dengan berat bayi lahir
Rated 4/5 based on 9 review