Karbohidrat dalam kimia

Amilum Polisakarida ini terdapat banyak di alam, yaitu pada sebagian besar tumbuhan. Memiliki rumus senyawa CnH2nOn. Laktosa dalam susu membantu absorpsi kalsium.

Fessenden, 1. Berdasarkan fungsinya polisakarida dapat digolongkan menjadi dua bagian yaitu polisakarida struktural dan polisakarida nutrien. Polisakarida yang mengandungjumlah monosakarida yang tidak begitu banyak disebut oligosakarida Sediaoetama Dan berikan contoh masing klasifikasi yaitu contoh monosakarida, contoh disakarida dan contoh polisakarida dalam kehidupan sehari-hari?

Manusia dan hewan memperoleh karbohidrat dari bagian-bagian tertentu tumbuhan. Glukosa dan galaktosa tergolong aldoheksosa, sedang fruktosa adalah ketoheksosa. Sel-sel tubuh tersebut menyerap glukosa dan mengambil tenaga yang tersimpan di dalam molekul tersebut pada proses respirasi seluler untuk menjalankan sel-sel tubuh.

Molekul polisakarida terdiri atas banyak molekul monosakarida. Poedjiadi, a. Sumardjo, 2. Glikogen memiliki struktur mirip amilopektin salah satu jenis pati tetapi dengan lebih banyak percabangan, yaitu setiap residu. Laktosa mempunyai satu atom karbon hemiasetal, maka laktosa termasuk disakarida pereduksi.

Glukosa Fruktosa Struktu glukosa dan fruktosa digunakan sebagai dasar untuk membedakan antara gula reduksi dan gula non-reduksi. Monosakarida dibedakan menjadi aldosa dan ketosa. Pada tumbuh-tumbuhan, karbohidrat di bentuk dari basil reaksi CO2 dan H2O melalui proses foto sintese di dalam sel-sel tumbuh-tumbuhan yang mengandung hijau daun klorofil.

Penguraian glikogen pada sel-sel ini akan melepaskan glukosa ketika kebutuhan gula meningkat. Reduksi asam aldonat dengan sedium amolgen akan menghasilkan asam yang namanya berakhiran uronat.

Di dalam tubuh maltosa didapat dari hasil pemecahan amilum, lebih mudah dicema dan rasanya lebih enak dan nikmat.

Dimana bila disakarida tersebut dihidrolisis, menghasilkan molekul monosakarida sama atau berlainan. Dengan memecah gula turun menjadi karbon dioksida dan air, organisme hidup dapat melepaskan energi yang terkunci di dalamnya digunakan untuk kebutuhan energi.

Misalnya, selulosa ialah komponen utama dinding sel tumbuhan. Didalam tubuh zat-zat makanan yang mengandung unsur karbon dapat dipergunakan sebagai bahan pembentuk energi yaitu karbohidrat, lemak, protein Kusharto Karbohidrat atau gula dibagi menjadi tiga kelas pokok: Inulin digunakan untuk penetapan laju filtrasi glomerulus glomerular filtration rate.

Tentang Karbohidrat

Diposting oleh. Sukrosa bukan merupakan gula pereduksi. Hewan dan manusia juga menjadikan pati sebagai sumber energi yang penting.

Maltosa merupakan hasil antara dalam proses hidrolisis amilum dengan asam maupun dengan enzim. Karbohidrat atau hidrat arang adalah suatu zat gizi yang fungsi utamanya sebagai penghasil energi, dimana setiap gramnya menghasilkan 4 kalori.

Karbohidrat memiliki berbagai fungsi dalam tubuh makhluk hidupterutama sebagai bahan bakar misalnya glukosacadangan makanan misalnya pati pada tumbuhan dan glikogen pada hewandan materi pembangun misalnya selulosa pada tumbuhan, kitin pada hewan dan jamur.

Proteoglikan maupun glikoprotein terdiri atas karbohidrat dan proteinnamun proteoglikan terdiri terutama atas karbohidrat, sedangkan glikoprotein terdiri terutama atas protein.

Tumbuhan menumpuk pati sebagai granul atau butiran di dalam organel plastidtermasuk kloroplas. Setelah dingin, ditambahakan 1 mL fosfomolibdat lalu amati perubahan warnanya. Selulosa tidak memberi warna dengan yodium dan tidak larut dalam pelarut biasa. Amilum atau dalam bahasa sehari-hari disebut pati terdapat pada umbi, daun, batang, dan biji-bijian.

Kita memperoleh karbohidrat dari nasi, roti, tapioka, dan sebagainya. Bahan makanan sumber karbohidrat ini misalnya padi-padian atau serealia gandum dan berasumbi-umbian kentangsingkongubi jalardan gula.

Karbohidrat memiliki sifat pereduksi karena adanya gugus karbonil. Polisakarida dapat dibagi menjadi dua kelas utama yaitu homopolisakarida dan heteropolisakarida.Aplikasi di Kehidupan Sehari-hari Ada banyak fungsi dari karbohidrat dalam penerapannya di industri pangan, farmasi maupun dalam kehidupan manusia sehari-hari, diantaranya: a.

Karbohidrat

Sebagai sumber kalori atau energi b. Sebagai bahan pemanis dan pengawet c.

Sebagai bahan pengisi dan pembentuk d. Sebagai bahan penstabil e.

PERCOBAAN VII SENYAWA BIO-ORGANIK : KARBOHIDRAT (Kimia Dasar I)

Sebagai sumber flavor (karamel) f. Sebagai sumber serat. Dalam menu makanan orang Asia Tenggara termasuk Indonesia, umumnya kandungan karbohidrat cukup tinggi, yaitu antara 70–80%.

Bahan makanan sumber karbohidrat ini misalnya padi-padian atau serealia (gandum dan beras), umbi-umbian (kentang, singkong, ubi jalar), dan gula. Istilah karbohidrat timbul karena rumus kebanyakan senyawa ini dapat dinyatakan sebagai C n (H 2 O) m, atau karbon.

Karbohidrat yang merupakan hasil alam telah melakukan banyak fungsi penting dalam tanaman ataupun hewan. Pati atau amilum adalah karbohidrat kompleks yang tidak larut dalam air, berwujud bubuk putih, tawar dan tidak berbau.

Pati merupakan bahan utama yang dihasilkan oleh tumbuhan untuk menyimpan kelebihan glukosa (sebagai produk fotosintesis) dalam jangka panjang. Hewan dan manusia juga menjadikan pati sebagai sumber energi yang penting. Pati tersusun dari dua macam karbohidrat.

Karbohidrat adalah senyawa organik yang hanya mengandung atom C, H dan O dengan perbandingan atom hidrogen:oksigen yakni (seperti pada air). Dengan kata lain, karbohidrat mempunyai rumus empiris yaitu C m (H 2 O) n (dimana m berbeda dengan n).

Di dalam tubuh karbohidrat dapat dibentuk dari beberapa asam amino dan sebagian dari gliserol lemak. Akan tetapi sebagian besar karbohidrat diperoleh dari bahan makanan yang dikonsumsi sehari-hari, terutama sumber bahan makan yang berasal dari tumbuh-tumbuhan.

Pembentukan karbohidrat di alam terjadi dalam tumbuh-tumbuhan dalam proses yang disebut fotosintesis. Tumbuh-tumbuhan .

Karbohidrat dalam kimia
Rated 5/5 based on 26 review