Makalah biosintesis karbohidrat

Sebagai 4: Jalur ini juga ada di ragi, dimana piruvat pertama-tama diubah menjadi asetaldehida dan karbon dioksida dan kemudian menjadi etanol dalam ketiadaan oksigen.

Beberapa jenis karbohidrat mempunyai fungsi khusus di dalam tubuh. Glukosa dan galaktosa memasuki aliran darah dengan jalan transfer aktif, sedangkan fruktosa dengan jalan difusi. Ribosa merupakan merupakan komponen yang penting dalam asam nukleat. Senyawa glikogenik Senyawa glikogen hati dan otot tela dijelaskan di bagian glukoneogenesis dan glikogenolisis.

Dalam molekul dengan struktur bercabang —cabang lebat ini, hanya satu residu glukosil yang memiliki sebuah karbon anomerik yang tidak terkait ke residu glukosa lainnya.

Proses ini disebut sebagai proses emulsifikasi lemak, yang berlangsung di bawah pengaruh empedu yang dihasilkan oleh hati. Setelah memasuki sel mukosa, asam lemak dan monogliserida bergabung lagi menjadi trigliserida. Penguraian glikogen Glikogen diuraikan oleh dua enzim, glikogen fosforilase dan enzim pemutus cabang.

Pada akhirnya, kilomikron yang tersisa yang lemaknya telah diambildibuang dari aliran darah oleh hati. Sementara itu, hasil glikolisis menghasilkan 2 molekul piruvat untuk 1 molekul glukosa. LDL ini bertugas menghantarkan kolesterol ke dalam tubuh. Glukosaphospat diubah menjadi glukosaphospat dengan katalis fosfoglukomutase menjadi glukosa-1,6-biphospat.

Akhirnya oksalasetat dikarboksilasi dengan CO 2 dan difosforilasi dengan gugus fosfat dari GTP guanosin trifosfat, sebagai sumber energi yang khas disamping ATP dan dikatalis oleh fosfoenolpiruvat karboksikinase menghasilkan fosfoenolpiruvat.

Ujung lain pada rantai itu disebut ujung nonpereduksi.

Makalah Metabolisme Karbohidrat, Lemak dan Protein

Perubahan makanan menjadi energi, tentu terjadi dalam sel sebagai suatu satuan fungsional dan struktural terkecil yang menyusun tubuh makhluk hidup. Dari bagian kedua ini dihasilkan dua molekul NADH dan empat molekul ATP untuk tiap molekul glukosa yang dioksidasi atau untuk dua molekul gliseraldehid 3-fosfat yang dioksidasi.

Molekul glikogen yang sudah ada sebelumnya disebut glikogen primer harus ada untuk memulai reaksi ini. Tahap ini akan mengahsilkan ATP yang diperlukan untuk kontraksi otot. Juga disebut jalur metabolisme Embden-Meyerhoff dan sering diartikan pula sebagai penguraian glukosa menjadi piruvat.

MAKALAH METABOLISME KARBOHIDRAT

Pada makalah ini proses katabolisme yang dibahas adalah glikolisis asam piruvat. Pada senyawa organik, penentu arah reaksi kimia disebut promoter dan penentu percepatan reaksi kimia disebut katalis. Dari rumus struktur akan terlihat bahwa ada gugus fungsi penting yang terdapat pada molekul karbohidrat yaitu gugus fungsi karbonil aldehid dan keton.

Pengaturan pembentukan dan penguraian glikogen 1. Sebagian besar sintesis glikogen berlangsung melalui pemanjangan rantai polisakarida molekul glikogen yang sudah ada di mana ujung pereduksi glikogen melekat ke protein glikogenin.

Contoh Respirasi: Fotosintesis juga berjasa menghasilkan sebagian besar oksigen yang terdapat di atmosfer bumi. Makanan merupakan bahan utama yang kita butuhkan untuk menghasilkan energi guna melaksanakan semua aktivitas hidup. Berikut rumus umum atau persamaan umum dari proses fotosintesis: Metabolism total merupakan semua proses biokimia di dalam organisme.

Contoh respirasi pada Glukosa, reaksi sederhananya: Di otot reakssi ini dikatalis oleh enzim heksokinase sedangkan di hati dikatalis oleh glukokinase. Perbedaan utama antara glikolisis aerobik dan anaerobik adalah bahwa gula tidak dipecah sepenuhnya dibagian kedua.Biosintesis Karbohidrat Karbohidrat merupakan komponen utama dalam suatu makanan yang merupakan sumber energi yang utama bagi setiap organisme hidup.

Dalam sel-sel tubuh, karbohidrat mengalami berbagai proses festival-decazeville.com: Desly Nha. makalah karbohidrat KATA PENGANTAR Puji dan syukur kami lantunkan kehadirat Allah SWT yang mana berkat nikmat dan karunia-NYA lah kami masih bisa diberikan kesehatan sampai detik ini.

Dalam makalah ini kami mencoba menguraikan satu dari sekian materi pada Silabus mata kuliah Biokimia yakni tentang ”Metabolisme festival-decazeville.com: KAMARUDDIN.

Makalah ini saya buat berdasarkan apa yang telah saya terima dan juga saya kutib dari berbagi sumber baik dari buku maupu dari media festival-decazeville.com isi dari makalah ini dapat berguna bagi kita dan dapat menambah wawasan serta pengetahuan kita mengenai apa Author: Agus P3b3.

makalah metabolisme karbohidrat Setelah proses penyerapan melalui dinding usus halus, sebagian besar monosakarida dibawa oleh aliran darah ke hati. Di dalam hati, monosakarida mengalami proses sintesi menghasilkan glikogen, oksidasi menjadi CO 2 dan H 2 O, atau dilepaskan untuk dibawa dengan aliran darah ke bagian tubuh yang memerlukannya.

Sebagian besar karbohidrat makanan berbentuk glukosa, galaktosa, dan fruktosa.

Setelah dicerna dalam saluran pencernaan gula tersebut diserap dan ditransfer ke hati melalui sistem portal. Pada hati, galaktosa dan fruktosa segera diubah menjadi glukosa. Untuk kemudian didistribusikan melalui sirkulasi darah ke jaringan-jaringan yang memerlukannya dalam bentuk glukosa darah.

Makalah biosintesis karbohidrat
Rated 5/5 based on 57 review